FOLLOW @kertaskotor_

EDIT ME

ALEXA

Loading

MENGENAL VIRTUAL PRIVATE NUMBER (VPN)

Share Bloggeron
Suatu Wide Area Network, menghubungkan beberapa LAN pada berbagai lokasi menjadi seakan-akan menjadi satu network. Untuk menghubungkan beberapa lokasi membutuhkan dedicated line, router, dan beberapa protokol khusus. Hal ini membutuhkan SDM dan biaya untuk menjaga link tetap beroperasi. Pada beberapa lokasi situasi juga berbeda sehingga dapat membuat pendisaian menjadi lebih sulit. Artikel ini membahas kemungkinan penggunaan Internet dan Linux, sebagai komponen pembangun suatu Virtual Private Network (VPN).

Membangun suatu VPN membutuhkan pertimbangan dan pekerjaan yang cukup banyak, termasuk pemorgraman dan lain sebagainya. Suatu VPN berdasarkan dua prinsip, sesuai dengan namanya. Istilah virtual, berarti tak adanya represtasi fisik sebenarnya antara link ke dua site tersebut. Hal ini berarti tak adanya dedicated link antar ke dua lokasi yang diinterkoneksi tersebut. Sehingga tak perlu menarik kabel khusus antara ke dua lokasi. Tetapi dengan menggunakan jaringan yang telah ada yang juga digunakan oleh banyak perusahaan yang lainnya. Sehingga term virtual ini timbul dari kenyataan bahwa network ini dibangun di suatu environment yang tak hanya digunakan untuk keperluan VPN ini.
Istilah private berkatitan dengan istilah virtual. Membangun virtual network di atas infrastruktur yang dapat diakses oleh publik memberikan beberapa implikasi sekuriti. Informasi sensitif tidak ingin dibaca oleh pengguna lainnya yang tak berhak, atau misal oleh kompetitor. Sehingga harus diciptakan suatu mekanisme untuk menjaga informasi tetap bersifat terbatas. Cara satu satunya untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan enkripsi, sehingga hanya pihak yang dipercaya saja, yang dapat mengakses informasi. Bagaimanapun juga ini memiliki beberapa implikasi hukum.

Aspek lainnya adalah otentikasi atau identifikasi bila diinginkan. Sehingga harus ditentukan cara untuk mengidentifikasikan pihak di seberang VPN yang berkomunikasi. Untuk ini dapat pula digunakan perangkat lunak enkripsi.
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

IP

Change Language

DAFTAR ISI

SMS GRATIS

Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Search Engine OptimizationSubmit Express