FOLLOW @kertaskotor_

EDIT ME

ALEXA

Loading

RAM dan MEMORI lainnya

Share Bloggeron
RAM adalah kependekan dari Random Access Memory (Memori Akses Acak). RAM merupakan salah satu tipe memori yang biasanya khas digunakan dalam sebuah komputer yang fungsinya untuk menyimpan data yang sifatnya sementara, yaitu ketika komputer sedang aktif (sedang dialiri daya, atau ‘sedang hidup’). Istilah RAM, merujuk pada perangkat keras berupa memori fisik sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara pada komputer. Sebelum membahas RAM, untuk lebih jelasnya, berikut ini dibahas lebih dahulu makna istilah memori secara umum dalam pengetahuan komputer.

Pengertian istilah memory

Dalam pengetahuan komputer, penggunaan istilah memori biasanya merujuk pada media atau tempat untuk menyimpan data. Dapat dikatakan bahwa memori adalah perangkat keras yang khas digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali saat diperlukan.TKJ-SMK NASIONAL DEPOK
Pada komputer, program (software) yang sedang dijalankan (di-run) dan data yang sedang diproses, disimpan di dalam memori selama program tadi masih aktif bekerja. Memori itu sendiri sebenarnya terdiri dari ‘kotak-kotak’ untuk menyimpan data (karakter). Masing-masing kotak tersebut memiliki alamat atau adres (address) sendiri. Dengan menggunakan adres inilah CPU dapat membaca atau menulis data pada memori. Kecepatan pergerakan data keluar masuk memori biasanya sepadan dengan kecepatan kerja CPU itu sendiri. CPU dan memori merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah komputer. Secara fisik (hardware), kebanyakan memori berupa chip semikonduktor.
Sampai sekarang, terdapat banyak jenis memori yang masing-masing mempunyai sifat atau karakteristik yang khas, walaupun suluruhnya tetap memiliki fungsi pokok, yaitu menyimpan data. Jenis-jenis memori tersebut antara lain:

* RAM (Random Access Memory), yang terdiri dari:

1.SRAM atau Static RAM (Static Random Access Memory), contohnya digunakan untuk Cache Memory
2.NV-RAM atau Non-Volatile RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
3.Memori fisik DRAM atau Dynamic RAM (Dynamic Random Access Memory), yang terdiri dari:
- Fast Page Mode DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory)
- EDO RAM atau Extended Data Out DRAM (Extended Data Out Dynamic Random Access Memory)
- XDR DRAM
- SDRAM atau Synchronous DRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), yang meliputi:
a. DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM (Double Data Rate Synchronous
Dynamic Random Access Memory).
b. DDR2 SDRAM atau Double Data Rate 2 Synchronous DRAM (Double Data Rate 2 Synchronous
Dynamic Random Access Memory)
c. RDRAM atau Rambus DRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory).

* Register prosesor
* Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis, misalnya Harddisk, dan Floppy Disk.
* Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
* Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
* Flash Memory
* Punched Card (kuno)
* CD atau Compact Disk
* DVD

Dalam bahasan arsitektur komputer (seperti arsitektur Von Neumann) memori ini dibeda-bedakan atau dikelompokkan hingga membentuk hirarki memori yang disusun berdasarkan kecepatan dan kapasitas memorinya. Susunan hirarki memori ini dimulai dari jenis memori yang paling cepat hingga yang paling lambat, dan disusun dari jenis memori yang paling kecil kapasitasnya hingga yang paling besar kapasitasnya, serta diurutkan berdasarkan nilai tiap bit memorinya, dimulai dari yang nilainya paling tinggi (harga mahal) hingga yang nilainya paling rendah (harga murah).
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

IP

Change Language

DAFTAR ISI

SMS GRATIS

Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Search Engine OptimizationSubmit Express